ROBOT PERTAMA DI DUNIA

Taukah kalian ternyata robot pertama di dunia diciptakan oleh seorang ilmuan muslim.......
Menurut perkembangannya dahulu robot hanya sebagai cerita pada novel-novel yang dapat menuruti segala yang manusia perintahkan dan memiliki karakteristik yang manusia inginkan. Pada tahun 1889 menurut sebuah  dokumen sejarah kekaisaran ottoman terungkap bahwa robot ditemukan oleh ilmuan muslim bernama Musa Dede. Cerita ini bermula saat pangeran Komatsu (keponakan kaisar jepang) datang ke istanbul untuk memberikan hadiah kepada Sultan Abdulhamid Han.
Pada tahun 1889, kaisar meiji kembali mengirim utusan pribadi ke Istanbul untuk memberikan beberapa hadiah dan sebuah surat rahasia untuk Sultan abdulhamid Han. surat tersebut membicarakan tentang permintan kaisar jepang untuk memberikan informasi mengenai agama islam, ilmu pengetahuan, dan inovasi teknologi. Menanggapi  surat tersebut, Sultan turki meminta kepada ahli jam, Musa Dede untuk membuat membuat sebuah jam dengan teknologi unik. Musa kemudian memikirkan sebuah konsep untuk memilikirkan proyek ini.
Musa kemudian memberikan gambaran awal mengenai jam tersebut. Pada awalnya sultan menolak konsep yang ditawarkan musa dan kemudian memberikan saran kepada Musa agar pada jam tersebut dibuat seperti penari sufi dan penambahan suara adzan pada jam tersebut.
Musa sempat kebingungan dengan permintaaan Sultan tersebut. Kemudian Musa akhirnya terpikirkan oleh mesin rekaman Gramaphone yang diciptakan oleh Thomas Alva Edison. Lalu ia menerapkan mesin tersebut terhadap jam yang ia rancang agar jam ini dapat melantunkan adzan.
Setelah berbagai macam percobaan, jam ini akhirnya selesai sesuai dengan permintaan Sultan. Jam yang diciptakan Musa ini memiliki bentuk seperti penari Sufi dan pada waktu yaang telah ditentukan, jam ini membuka kedua lengannya untuk melantunkan adzan.
Musa akhirnya menyerahkan jam ini kepada sultan, melihat hal tersebut Sulatan sangat kagum terhadap hasil yang dikerjakan oleh Musa. Kemudian Sultan memnerikan nama pada jam yang diciptakan Musa dengan sebutan ALAMET. Alamet sendiri berarti "keajaiban". kemudian jam tersebut dikirimkan kepada kaisar jepang dengan menumpang sebuah kapal. Jam Alamet berhasil mendarat pada tahun 1890 di pelabuhan Yokohama pada bulan Juni.sayangnya sekarang keberadaan jam ini tidak diketahui dimana namun sejarah mencatat didalam dokumen dan arsip ottoman.
sumber: okezone.com dan @wowfakta

Related Posts:

0 Response to "ROBOT PERTAMA DI DUNIA "

Post a Comment